Rabu, 01 Juli 2009

LUKMAN DAN ANAKNYA


Keutamaan Agama Dibandingkan Yang Lainnya
Ringkasan Tausiyah Ta'lim Uje 15 Juni 2009
Pembicara : Ustadz Jefri Al Buchori
Tema : Kisah Luqman

Nama Luqman menjadi salah satu surat yang ada di Dalam Al Quran
Siapakah dia? Seorang pekerja (pencari kayu kabak) yang derajadnya seperti wali.

Ilmu agama tidak ada hubungan dengan status social, pendidikan dan profesi, hargailah orang yang memiliki ilmu agama lebih baik darimu.

Seseorang dinilai dari kata kata yang dikeluarkan: kata kata yang bermanfaat, menyejukkan hati.

-- Suatu hari Luqman ditanya oleh anaknya: "Apabila aku diberi 1 pilihan saja dalam hidup, apa yang akan aku pilih?"

Jawab Luqman : Agama.

Karena agama adalah dasar dari moral kehidupan maupun akhlaq.
Bagaimana seorang anak bisa rajin shalat jika dirumahnya tidak pernah ada shalat.

Bagaimana seorang anak bisa membaca Al Quran jika di rumahnya tidak pernah ada aktivitas membaca Al Quran.

Otak seorang anak itu laksana kamar kosong, siap diisi dengan barang barang, jadi isilah otaknya dengan agama yang kuat, perilaku keluarga yang islami.

Bagaimana seorang anak bisa shalat subuh dengan mudah jika tidak dibiasakan untuk shalat subuh sejak dini.

“Cara mengajarkan pemahaman shalat adalah pada kalimat adzan “ Shalat itu lebih baik darpada tidur”
Mengapa perlu agama? Agama adalah penyelamat diri , agama itu bukan bentuk pengekangan.

--- Lalu sang anak bertanya lagi,
Apabila aku diberi 2 pilihan saja dalam hidup, apa yang akan aku pilih?"

Jawaban Luqman : Agama dan Harta.

Dengan agama yang kuat serta harta yang cukup, insyaAllah bisa menganggakat derajad kaum muslimin yang lainnya (bisa dibangunkan sarana dan prasarana untuk kemasalahatan ummat.).
Apa yang disebut cinta dunia ? kecintaan terhadap hal hal yang membuat melupakan Hak Hak Allah.

--- Lalu sang anak bertanya lagi, "Apabila aku diberi 3 pilihan saja dalam hidup, apa yang akan aku pilih?"

Jawab Luqman : Agama, Harta dan rasa malu.

Mengapa? Rasa malu akan menjaga dan menyelamatkan kehormatan serta harga diri otrang tersebut.

--- Lalu sang anak bertanya lagi, "Apabila aku diberi 4 pilihan saja dalam hidup, apa yang akan aku pilih?"

Jawab Luqman : Agama, Harta, Rasa Malu dan Akhlaq yang baik.

Mengapa? Manusia yang punya agama, harta serta rasa malu namun tidak memiliki akhlak yang baik justru menjadi senjata yang akan merusak martabatnya.

--- Lalu sang anak bertanya lagi, "Apabila aku diberi 5 pilihan dalam hidup, apa yang akan aku pilih?"

Jawab Luqman : Agama, harta, rasa malu, akhlak yang baik serta Pemurah.

Mengapa? Kita juga harus mengerti jika ilmu agama juga dibagi kepada orang lain (syiar), harta (disedekahkan), rasa malu dan akhlaq yang baik(ditunjukkan kepada orang lain).

--- Lalu sang anak bertanya lagi, "Apabila aku diberi 6 pilihan dalam hidup, apa yang akan aku pilih?"

Jawab Luqman : apabila kamu sudah melaksanakan kelima hal itu maka kamu adalah “ manusia yang suci dan bertakwa”.

Jadi kesimpulannya, ada 5 HAL PENTING:
1. addin (Agama)
2. Al Maal (Harta)
3. Al Hayaa' (Rasa Malu)
4. Akhlakul Kharimah (Akhlak yg baik)
5. Al Juddu (Pemurah/dermawan)

Orang yang hebat adalah orang yang tidak pernah merasa lebih dibandingkan orang lain, kemanapun dia pergia, Allah selalu ada di dalam hatinya serta tercermin dalam setiap perbuatannya.

“ Barang siapa yang bertambah ilmu (agama) nya namun tidak ada perubahan dalam tingkah lakunya maka dia termasuk orang yang merugi”

anggota TA'LIM UJE


------------------------
*thanks to ibu Sri Wahyuningsih's blogspot...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar