Jumat, 24 Juli 2009

JANGAN LUPA MEMINTA EMPAT HAL



JANGAN LUPA MEMINTA EMPAT HAL
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada_Mu Petunjuk, ketakwaan, Diri yang terjaga, dan kecukupan kepada_Mu”

Mengadu & mengibalah kepada allah

“Aku Bersama Hamba_Ku Selama ia ingat kepada_Ku, dan lisannya menyebut_Ku”

SEBUAH RENUNGAN DARI IBNU QAYYIM

Doa itu obat yang paling manjur. Doa itu musuhnya bencana yang bisa menolak bencana atau mengatasinya, atau bahkan dapat menghalangi turunnya bencana.. jika doanya lebih kuat dari bencana yg akan datang, maka bencana itu akan tertolak karena doa.

HARAPAN ITU MASIH ADA

Dari Anas bin Malik ra berkata,”Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT berfirman,”Wahai anak Adam, selama kamu berdoa dan berharap kepada-Ku, maka Aku mengampuni dosa-dosamu dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, meski dosamu sepenuh langit, namun bila kamu meminta ampun kepada-Ku, pastilah Ku ampuni dan Aku tidak peduli. Wahai anak Adam, meski kamu datang kepada Ku dengan dosa sepenuh bumi namun bila kamu menemui-Ku tanpa syirik kepaa-Ku, maka Aku akan mendatangimu dengan ampunan sepenuh itu juga. (HR. At-Tirmidzi)

Rasulullah saw Bersabda; “Mahukah aku tunjukkan pada kalian sesuatu yang dapat menyelamatkan kalian dari musuh-musuh dan memudahkan turunnya rizki bagi kalian..? Maka berdoalah kalian kepada Allah di waktu pagi dan di waktu siang. Karena doa itu sesungguhnya adalah senjata orang beriman”. (HR. abu Ya’la)

HIDAYAH KUNCI KESELAMATAN

Wahai manusia, jagalah wasiatku. Jika kamu memegangnya erat-erat dengan segala kesiapan sehingga kamu dapat melaksanakannya, kamu tidak akan dapat keuntungan yang lebih besar darinya. Wasiat itu adalah : Hendaklah kamu tidak berharap kecuali kepada Tuhanmu. Hendaklah kamu tidak takut kecuali kepada dosa-dosamu. Hendaklah kamu tidak malu untuk belajar jika tidak tahu. Hendaklah orang yang alim berkata : “Aku tidak tahu, “ apabila dia memang tidak tahu. (Ali bi Abi Thalib)

SEBUAH RENUNGAN

Hari ini, sebelum anda mengeluhkan rasa makanan, pikirkan seseorang yang tidak memiliki makanan sama sekali..

Sebelum anda mengucapkan perkataan yang buruk, pikirkanlah seseorang yang tidak dapat berbicara..

Sebelum anda mengeluh tentang suami istri, pikirkan tentang seseorang yang menangis sedih memohon pasangan hidup kepada Allah..

Sebelum anda mengeluh tentang putra putri anda, pikirkanlah tentang seseorang yang ditakdirkan tidak dikaruniai anak..

Sebelum anda mengeluh tentang kehidupan anda, pikirkan tentang seseorang yang telah meninggal dunia..

ARTI HIDAYAH:

Secara etimologi: hidayah diartikan dengan rambu-rambu yang menyampaikan seseorang kepada sesuatu yang dicari.

Secara terminologi: hasil dari usaha yang dilakukan oleh seseorang sehingga sampai kepada suatu batas yang dapat membedakan antara yang hak dan yang bathil.

MACAM-MACAM HIDAYAH

HIDAYAH ILHAMI

HIDAYAH HAWASI

HIDAYAH AQLI

HIDAYAH DIEN (AGAMA)

HIDAYAH TAUFIK

“Maka dia (Nabi Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa; “Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham (bimbingan) untuk tetap mensyukuri nikmat_Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang engkau ridhai, dan masukkanlah aku dengan rahmat_Mu ke dalam golongan hamba-hamba_Mu yang shaleh.”(QS. An-Naml: 19)

Apabila kamu merasa letih kerana berbuat kebaikan maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan yang dilakukan akan terus kekal. Dan sekiranya kamu berseronok dengan dosa maka sesungguhnya keseronokan itu akan hilang dan dosa yang dilakukan akan terus kekal. ( Ali bin Abi Thalib)

TAQWA, AGAR SELAMAT MENITI JALAN HIDUP

Taqwa adalah Rasa takut anda kepada Allah Yang maha Agung, beramal sesuai dengan yang Allah turunkan dalam al-Qur’an, dan melakukan persiapan untuk hari yang panjang.

Ketika jiwa penuh noda dan mencapai kerapuhannya…

Ketika jiwa sakit tak berdaya.. ketika jiwa menjadi lupa pada Allah..

Segera kembalilah pada Allah.. seiring asa berdoalah kepada_Nya dengan doa;

“Ya Allah, berikanlah ketakwaan kepada jiwa-jiwa kami dan sucikanlah.. Engkau adalah sebaik-baik pensuci jiwa, Engaku yang mengaturnya dan Pemiliknya.”

(HR. Muslim)

* Kegelapan itu ada lima perkara dan penerangnya ada lima perkara :

cinta dunia itu kegelapan dan penerangnya adalah taqwa.

Dosa itu kegelapan dan penerangnya adalah taubat.

Akhirat itu kegelapan dan penerangnya adalah amal shaleh.

Kubur itu kegelapan, dan penerangnya adalah ucapan; tiada Ilah selain Allah dan Muhammad utusan Allah.

Shiratal mustaqim itu kegelapan, dan penerangnya adalah yakin.(Abu bakar shidiq)

Waktu adalah kehidupan manusia. Jika digunakan untuk membaca akan menjadi sumber kebijaksanaan. Jika digunakan untuk berfikir akan menjadi kekuatan. Jika digunakan untuk berdoa akan menjadi keberkahan dan rahmat. Jika digunakan untuk bekerja akan menjadi keberhasilan. Jika digunakan untuk beramal akan menghantarkan menuju syurga. Semua itu adalah kewajiban seorang hamba terhadap Tuhannya. Gunakanlah waktu untuk kehidupan yang sebenarnya. Sesungguhnya kewajipan-kewajipan hamba didunia lebih banyak daripada waktu yang tersedia.

Empat hal yang tidak seharusnya bagi seorang yang mulia untuk memandang rendah :

bangunnya dia dari tempat duduknya untuk menemui orang tuanya,

berkhidmatnya dia kepada tamunya,

bangunnya dia dari atas kendaraannya,

dan berkhidmatnya dia kepada seorang yang menuntut ilmu kepadanya. (Ja’far Ash-Shadiq)

“Ya Allah.. aku memohon curahan cinta_Mu dan kecintaan orang-orang yang mencintai_Mu, serta memohon curahan amal yang dapat mengantarkan diriku mencintai_Mu. Ya Allah.. jadikanlah kecintaan kepada_Mu lebih tertanam dalam jiwaku melebihi kecintaanku kepada diri sendiri dan keluargaku..”(HR. Tirmidzi)

(diambil dari kajian asrama putra-putri salman itb, 18 Juli 2009)

Iin Parlina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar